
Geriatri.id - Mengonsumsi anggur selama 16 minggu dapat meningkatkan kesehatan mata pada orang dewasa yang lebih tua. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal ilmiah Food & Function.
Penelitian ini mengamati dampak konsumsi anggur secara teratur terhadap akumulasi pigmen makula dan penanda biologis kesehatan mata lainnya.
Ini adalah penelitian pertama yang hasilnya memperkuat penelitian sebelumnya. Penelitian sebelumnya menemukan bahwa mengonsumsi anggur terbukti melindungi struktur dan fungsi retina.
Baca Juga: 5 Pertanyaan Mengenai Hipertensi
Ilmu pengetahuan telah menunjukkan bahwa populasi yang menua memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit mata dan masalah penglihatan.
Faktor risiko utama penyakit mata meliputi stres oksidatif dan tingginya tingkat produk akhir glikasi lanjut okular (AGEs).
AGEs dapat menyebabkan banyak penyakit mata dengan merusak komponen pembuluh darah retina, mengganggu fungsi seluler, dan menyebabkan stres oksidatif.
Antioksidan dari makanan dapat menurunkan stres oksidatif dan menghambat pembentukan AGEs, dengan kemungkinan efek menguntungkan pada retina, seperti peningkatan Densitas Optik Pigmen Makula (MPOD).
Anggur adalah sumber alami antioksidan dan polifenol lainnya.
Dalam studi baru ini, 34 subjek manusia mengonsumsi anggur (setara dengan 1½ cangkir anggur per hari) atau plasebo selama 16 minggu.
Hasilnya mereka yang mengonsumsi anggur menunjukkan peningkatan signifikan dalam MPOD, kapasitas antioksidan plasma, dan kandungan total fenolik dibanding mereka yang menggunakan plasebo.
Mereka yang tidak mengonsumsi anggur mengalami peningkatan signifikan pada AGEs berbahaya, diukur pada kulitnya.
“Penelitian kami yang pertama menunjukkan konsumsi anggur memberikan dampak menguntungkan bagi kesehatan mata manusia dan hal ini sangat menarik, terutama dengan meningkatnya populasi penuaan,” kata Dr. Jung Eun Kim dikutip dari pubmed.ncbi.nlm.nih.gov.
Baca Juga: 14 Sindrom Geriatri yang Sering Dikeluhkan Lansia
“Anggur adalah buah yang mudah didapat, yang menurut penelitian dapat memberikan dampak menguntungkan dalam jumlah normal hanya 1,5 cangkir per hari,” tambahnya.***
Ilustrasi - Manfaat anggur bagi kesehatan mata lansia.(Pixabay)
Video Lansia Online
Geriatri.ID

Email : geriatri.co.id@gmail.com
Whatsapp : +628111379101
DM Instagram : id_geriatri